Selasa, 03 Desember 2013

Danau Gunung Tujuh Tertinggi di Asia Tenggara







Kamu pasti tau, kalau Negara kita ini adalah Negara yang punya banyak danau.  Salah satu yang terkenal adalah Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Gak Cuma di dalam negeri, pesona dan keindahan danau terbesar di Indonesia ini juga di akui wisatawan mancanegara. Tapi, kamu tau gak kalo ternyata Indonesia juga punya sebuah danau yang gak kalah Indahnya dengan Danau Toba?
Malahan, danau ini punya kelebihan karena letaknya yang berada di ketinggian. Danau yang di maksud adalah Danau Gunung Tujuh yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat (TNKS). Letak persisnya sih di Desa Pelompek kecamatan Kayu Aro, sekitar 56 km dari sungai penuh, ibu kota kabupaten Kerinci, Sumatera Barat.
          Keunikan Danau ini adalah lokasinya yang berada di ketinggian 1996 mdpl (meter di atas permukaan laut), sehingga di nobatkan sebagai danau tertinggi se-Asia Tenggara. Danau Gunung Tujuh aslinya adalah danau kaldera yang terbentuk karena letusan gunung berapi berabad-abad yang lalu.
          Sesuai namanya, ini danau di kelilingi sama tujuh buah gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh. Selain alamnya yang indah, dalam kawasan Gunung Tujuh ini juga hidup berbagai ragam flora dan fauna khas, diantaranya Harimau Sumatera, Siamang, Beruang Madu, Babi Hutan, Tapir, bermacam burung, dan berbagai jenis kupu-kupu.
          Gak Cuma itu, di sekitar kawasan Danau Gunung Tujuh juga terdapat air terjun, hutan lumut, dan sebuah tempat unik lain, yaitu hamparan pasir putih di salah satu sudutnya. Terus, gimana caranya sampe ke danau ini? Untuk bisa sampe ke bibir danau yang punya luas sekitar 12 km persegi ini, pengunjung yang datang harus berjalan mendaki selama kurang lebih  2 – 3 jam  dari pos informasi yang ada di Desa Pelompek. Bikin capek? Pastinya iya lah, tapi suasana jalan setapak yang dilalui berada di tengah hutan tropis yang sejuk, bikin rasa capek gak terlalu terasa.
          Semua rasa capek itu pasti akan terbayar lunas waktu udah sampe di tepi Danau Gunung Tujuh. Hamparan air bening yang kadang berkilauan tertimpa sinar matahari seakan menyambut hangat siapa saja yang datang ke tempat ini. Belom lagi, suasananya yang sunyi dengan angin dingin khas gunung yang kadang menerpa kulit, pastinya bikin siapa aja lupa akan segala masalah yang lagi di hadapi.
          Selain bisa bermandi-mandi ria di tepiannya, pengunjung yang membawa kail juga bisa menghabis kan waktu sambil memancing, soalnya di Danau Gunung Tujuh ini hidup sejenis ikan lokal. So, buat kamu yang suka berpetualang di alam bebas, kayanya Danau Gunung Tujuh ini bisa jadi salah satu tujuan petualangan selanjutnya.